we're going to panaruban. yeay!

Monday, May 25

gaya banget ya judulnya. padahal seperti biasa, kami berangkat tanpa rencana alias serba mendadak hahahahaha. ciri khas keluarga pak ery banget deh, akhir pekan bangun pagi, mandi, lalu siap-siap meski belum tau mau kemana. setengah jam sebelum berangkat baru deh muncul ide tempat tujuan. dan kali ini pak ery mengajak kami piknik ke panaruban, subang. maka kami berangkat pukul 7.30 dengan bekal seadanya. seriously karena tanpa persiapan saya hanya membawa bekal susu, nasi dengan tahu dan ayam goreng dalam wadah kecil untuk pagi sarapan. sementara untuk saya dan pak ery kami mengganjal lapar dengan dua tangkup roti selai coklat. tapi kami membawa nasi putih dalam satu wadah tupperware besar. karena kami berencana membeli lauk untuk pendamping makan siang di warung makan mana saja yang kami temui dipinggir jalan. halo keluarga hemat bahagia hahahahaha

kami menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam, alhamdulillah meskipun tidak tidur sepanjang perjalanan pagi kooperatif sekali, tidak rewel dan terus bernyanyi. kami sampai didepan jalan tempat tujuan ketika menyadari bahwa jalan yang akan kami lalui adalah offroad berbatu. meski saya sudah beberapa kali ikut "menyiksa" kendaraan keluarga ini dengan melalui jenis jalan yang sama, tapi kali ini saya ciut nyali. pasalnya kami hanya pergi sendiri. terlebih tempo hari saya pernah melihat sebuah landrover terperosok kedalam semak berlubang besar saat perjalanan menuju tebing citatah, padalarang. nah, saya membayangkan jika kejadian itu menimpa kami. siapa yang akan membantu kami ditempat yang sedemikian jauh dari kota bandung ini? pak ery sempat beberapa kali turun dari bangku kemudi untuk memastikan jalan yang kami lalui aman dan bisa dilalui. meski diakhir perjalanan saya memilih turun dan berjalan kaki bersama pagi, membiarkan pak ery mengemudikan taftnya sendiri. iya, aku nyalinya tipis kak hahahahaha.

setelah sampai dijalan terakhir yang bisa dilalui mobil, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak kurang lebih 20 menit. sebenarnya bisa lebih cepat kalau saja si anak kecil sejak awal mau digendong. sayangnya hal ini tidak berlaku buat pagi, pokoknya mau jalan sendiri, berikut setiap berapa meter berhenti karena melihat belalang, atau capung, juga bunga semak yang harus banget ditiup dulu sebelum ditinggalkan hahahahaha. disepertiga perjalanan, akhirnya kami menyerah, kami gemas karena hari sudah semakin panas sementara kemajuan jarak yang kami tempuh tidak signifikan. akhirnya si anak kecil diangkut paksa supaya cepat. oh iya, saya dibuat kagum ketika sampai dilokasi curug mandala. sungainya bersih sekali. lokasinya rimbun dan tertata rapi seperti taman buatan. padahal  kata pak ery, ini asli bentukan alam. retribusi nya7500 rupiah saja, dan mungkin karena tempat ini tidak cukup terkenal, selama dua jam disana kemarin, tidak ada lagi pengunjung selain kami.

oh iya, menurut informasi dari penjaga tempat wisata curug mandala, ada jalan yang lebih bagus dan manusiawi ketimbang jalan yang tadi kami lalui. jarak tempuh kendaraannya memang jadi lebih jauh namun jika melewati jalan utama itu, kami tidak perlu berjalan kaki melewati semak dan tanah berbatu karena bisa langsung parkir didepan gerbang tempat wisata. mendengar penjelasan itu, saya dan pak ery hanya saling menatap kikuk, sambil melirik ke arah jalan tanah didepan gerbang masuk yang memang terlihat mulus sekali. ini yang namanya terlanjur adventure hahahaha.. tapi artinya ini jadi informasi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke curug mandala dengan city car. sepertinya asal lewat jalan utama bisa kok :)